Gangguan Hormon, Inilah Lima Tandanya

Tiap-tiap bln., seseorang wanita bakal alami fluktuasi hormonal yang dapat menyebabkan tanda-tanda berbentuk masalah mood, pergantian selera makan, serta keadaan kulit. Diluar siklus bulanan itu, terdapat banyak aspek yang juga turut merubah hormon. Beragam aspek seperti stres, pola makan, serta rasa kuatir terus-terusan dapat bikin hormon jadi tidak seimbang. Menurut Alyssa Dweck, dokter kandungan dari Mount Kisco Medical Grup Nyew York, menuturkan sebagian sinyal yang tunjukkan pada badan tengah berlangsung masalah hormonal.

1. Kelelahan
Rasa capek memanglah dapat dihadapi siapapun, namun tanda-tanda capek kronik kerap jadi sinyal hormon tengah punya masalah. " Namun cermati bila Anda kerap terasa capek, berat tubuh naik, nafsu makan berfluktuasi, serta alami pergantian pola BAB. Itu mungkin saja sinyal masalah hormon tiroid, " kata Dweck.

2. Pergantian keadaan kulit
Kulit jadi kerap punya masalah, tak tahu terlampau berminyak, nampak komedo, serta berjerawat, walau Anda telah rajin menjaga kulit. " Jerawat pada orang dewasa, terlebih yang nampak dibagian bawah muka atau leher, dapat tunjukkan kandungan testosteron yang tinggi, " tuturnya.

3. Perkembangan rambut
Rambut yang tumbuh terlampau cepat, umpamanya berewok yang mendadak lebat dalam satu bulan, rambut dibagian punggung, dapat juga jadi sinyal tumor yang keluarkan hormon testosteron. Namun menurut Dweck keadaan ini termasuk juga langka.

4. Masalah siklus haid
Seperti kelelahan, siklus menstruasi yang terganggu dapat juga dikarenakan oleh stres, masalah tiroid, kandungan estrogen rendah atau polycystic ovary syndrome (PCOS). Sinyal paling utama dari PCOS yaitu tak haid atau haid tak teratur, kegemukan, atau perkembangan rambut di badan.

5. Keringat malam hari
Keringat yang nampak bukanlah lantaran suhu ruang terlampau panas, dapat tunjukkan kandungan estrogen yang rendah serta sinyal premenopause. Umumnya premenopause nampak 10 th. saat sebelum umur menopause, umpamanya di umur 40 th..