Anak Mulai Paham Soal Bohong di Usia 7 Tahun

Peneliti dari Kampus Minnesota temukan kenyataan bahwa anak-anak dapat memikirkan strategis serta memakai kebohongan buat mereka sendiri waktu berumur 7 th.. Mereka mempelajari 69 anak dengan rentang umur 3-9 th.. Peneliti sediakan permainan menebak dua kotak diisi permen yang dikerjakan dua orang anak. Bila satu anak tahu isi dari kotak itu, anak yang lain mesti memberi poin ke satu diantara kotak.

Pada permainan ke-2, anak-anak pilih 5 stiker dengan cara berbarengan. Bila anak-anak pilih nomer yang sama, jadi anak itu akan tidak memperoleh poin. Akhirnya, pada rata-rata umur 7 th., mereka memahami bahwa mereka tidak mesti meyakini pengucapan orang lain. Mereka juga terasa tidak mesti jujur pada diri sendiri. Kekuatan ini dimaksud juga teori strategis pikiran.

Anak-anak pada umur ini umumnya mencari langkah menyimpulkan apa yang mereka pikirkan serta merespons beberapa hal yang berikan motivasi mereka dengan cara strategis berdasar pada info yang mereka peroleh.

Di umur yang lebih muda, yakni 6, 5 th., pemikiran anak-anak waktu bermain bahkan juga dikira ‘canggih’ oleh beberapa peneliti. Lantaran waktu umur itu anak-anak bisa melakukan tindakan mirip sikap orang dewasa.